Mari Belajar Hidup Sehat

Ngeblog di malam hari karena gak ada kerjaan lain yang harus dilakukan.

Penyakit ? mungkin satu kata itu terdengar menyedihkan. Satu kata itu seakan selalu dihindari oleh banyak orang.Lihat saja.. orang2 barat sana, mereka dengan cepatnya berburu asurasi yang dapat menjamin kesehatan mereka. Lihat betapa giatnya mereka untuk selalu menyempatkan diri berolah raga di tengah- tengah kesibukan mereka. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk menghindari penyakit. Maka tak heran jika orang-orang barat sana mampu bertahan hidup lebih lama meski umur mereka telah melebihi umur harapan hidup di Indonesia .

Berbanding terbalik dengan potret kehidupan di Negara kita, mampu bertahan hidup hingga umur 70 Tahun di Indonesia sudah merupakan sebuah prestasi yang harus di syukuri. Atas dasar apa saya bicara seperti itu?

Well, saya jelaskan…. kemarin saya baru saja mengikuti kuliah umum yang diadakan oleh kampus tempat saya menuntut ilmu. Karena saya jurusan kesehatan, maka tema yang diangkat terkait Holistik Nursing. Pembicaranya adalah seorang perawat dari negara Amerika ( namanya saya lupa, maaf ya karena ribet dan susah di hafal.. hehe). Biar gampang, kita sebut saja dia Miss X. Pertama kali saya melihat Miss X, saya mengira dia seumuran dengan Bibi saya, yaitu masih sekitar 50’an Tahun lah. Dan ternyata, begitu terkejutnya saya ketika saya tau bahwa umur Miss X ternyata 75 Tahun. Wow angka yang cukup tinggi mengingat wajah dan fisik Miss X yang masih terlihat muda dan kuat. Jika boleh saya menyebutnya ” Nenek cantik dari negeri paman Sam” hehehe

Well, kembali ke topik.

Tak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti ingin tetap tampil sempurna di masa tuanya. Tetap tampil cantik, sehat dan kuat sehingga mampu melakukan segala aktivitas seperti dikala ia masih muda. Semua itu dapat tercapai (jika dilihat dari fenomena sekarang ini) yaitu dengan belajar cara hidup sehat. Banyaknya penyakit yang belakangan ini selalu menghebohkan dunia medis kebanyakan disebabkan oleh pola hidup masyarakat yang buruk. Pola hidup yang baik dapat diterapkan salah satunya dengan pola makan yang sehat. Kebiasaan makan yang tidak baik salah satunya adalah dengan mengkonsumsi lemak atau makanan yang berat menjelang petang hingga malam hari. Sebagaimana diketahui, bahwa metabolisme lemak di dalam tubuh dimulai dari pagi hari dan mulai melambat menjelang siang, sore dan malam hari. Dengan mengkonsumsi makanan berat atau yang mengandung lemak di malam hari tentunya akan memperberat kerja metabolisme tubuh. Akibatnya, jika terlalu berat maka lemak yang harusnya dapat di metabolisme tubuh menjadi asam lemak dan gliserol akan menumpuk dalam tubuh misalnya di bawah kulit dan di perut sehingga jika lama kelamaan dibiarkan akan menyebabkan perut buncit dan obesiitas. Obesitas akan memicu timbulnya penyakit lain seperti kolesterol dan serangan jantung.

Jadi sebagai orang kesehatan juga, saya tidak bermaksud menggurui atau sok tahu. Tapi di sini saya hanya belajar untuk peduli dengan memngimbau kepada pembaca untuk menciptakan pola hidup yang sehat. Mungkin memang terlihat susah, tapi perlu dicoba mulai sekarang. Agar di masa depan tidak akan ada lagi penyakit-penyakit aneh yang menyebabkan berujung pada kematian. Memang, hidup dan mati telah ditentukan oleh Yang Maha Pencipta. Namun, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menghargai tubuh ini dan menghargai setiap hembusan nafas yang diberikan-Nya dengan selalu menjaga agar mampu bertahan hidup selama mungkin kita bisa. Bukan malah merusaknya secara perlahan satu demi satu dengan pola hidup buruk yang selama ini kita terapkan.

Tinggalkan Balasan

