Antara “Tuberkulosis” dan “Pneumonia”

Tuberkulosis dan Pneumonia adalah penyakit yang sering menyerang saluran pernapasan bagian bawah. menurut Asih & Effendy (2004), tuberkulosis adalah infeksi penyakit menular yang disebabkan oleh myobacterium tuberculosis, suatu basil aerobik tahan asam, yang ditularkan melalui udara, sedangkan menurut Misnadiarly (2008) pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli).

Tuberkulosis dan penumonia memiliki tanda dan gejala yang hampir sama. Berikut tanda dan gejala tuberkulosis dan penumonia. (Kata yang saya BOLD menunjukkan perbedaan yang sama antara pneumonia dan tuberkulosis).

Tanda dan gejala Tuberkulosis :

Batuk lebih dari 2-3 minggu, nyeri dada, penurunan berat badan, sesak napas, demam, menggigil, berkeringat malam hari, kelelahan,napas cepat, dan kehilangan selera makan atau anoreksia.

Tanda dan gejala pneumonia :

Dispnea (sesak napas), batuk, menggigil, nyeri dada, demam (suhu > 100 oF ), Penurunan suara napas, rales, ronki, dan mengi, dan napas cepat (takipnea).

Untuk membedakan di antara keduanya, biasanya harus dilakukan pemeriksaan penunjang, misalnya berupa foto rontgen atau pengambilan sputum/ dahak untuk mendeteksi bakteri penyebab infeksi yang biasanya menyerang keduanya. Terdapat perbedaan yang mencolok di antara keduanya terkait etiologi penyakitnya. Tuberkulosis memiliki etiologi yang khas dan hanya terdapat pada penderita tuberkulosis, yaitu berupa bakteri myobacterium tuberculosis, sedangkan pada penderita pneumonia dapat disebabkan oleh lebih dari satu bakteri yaitu bakteri Streptococcus pneumoniae, Staphylococcus Aureus, Klebsiella Sp, dan Pseudomonas Sp,  meskipun 90 % dari kasus pneumonia lebih disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Myobacterium tuberculosis hanya teridentifikasi pada penderita tuberkulosis, itulah ciri khas yang terdapat pada tuberkulosis yang membedakan dengan pneumonia. Oleh sebab itu, pengambilan sputum/ dahak merupakan pemeriksaan penunjang yang mampu mengetahui penyakit sebenarnya yang diderita pasien.

Daftar Pustaka :

Misnadiarly. 2008. Penyakit Infeksi Napas Pneumonia pada Anak, Orang Dewasa, Usia Lanjut, Pneumonia Atipik & Pneumonia Atypik Mycobacterium. Jakarta : Pustaka Obor Populer

Asih, Niluh Gede Y & Effendy. 2004. Keperawatan Medikal Bedah : Klien dengan Gangguan Sistem Pernapasan. Jakarta : EGC

9 responses to “Antara “Tuberkulosis” dan “Pneumonia”

  1. Numpang berteduh ya hujan niee,,sambil baca2 :)nhehehesalam kenal ya?

  2. Perbedaan antara tb dan pneumonia pada gambaran thoraxnya itu seperti apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s